Review Anime: Noragami (Kisah Lama yang Menghantui Yato)

188

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review terkait anime yang cukup populer dan dinantikan season selanjutnya apalagi kalau bukan, Noragami.

Noragami sendiri merupakan anime yang berfokus pada Sci-Fi dengan jalan cerita yang menarik. Selain itu, Noragami juga memiliki komedi yang akan membuatmu ngakak.

Semua hal itu akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Biar nggak makan waktu lama yuk kita mulai reviewnya.


Detail Anime:

Judul : Noragami
Tanggal Rilis : 5 Januari 2014
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Adventure, Shounen, Supernatural
Sumber Cerita : Manga
Studio : Bones


Sinopsis:

Noragami mengisahkan tentang Dewa yang tak terkenal bernama Yato. Yato menyatakan dirinya sebagai “Delivery God” dan bercita-cita untuk mempunyai kuil sendiri dan juga banyak pengikut.

Namun tujuannya jauh dari kenyataan, dia menghabiskan hari-harinya untuk bekerja pekerjaan aneh yang hanya di bayar 5 yen, hingga partner senjatanya muak dan meninggalkan Yato.

Suatu hari Yato bertemu dengan seorang manusia wanita bernama Iki Hiyori. Saat itu Hiyori melihat Yato akan ditabrak oleh kendaraan, dan dengan refleks Hiyori menolong Yato dari kecelakaan itu.

Namun hal itu membuat jiwa Hiyori dapat keluar dari tubuh karena berinteraksi dengan alam gaib. Karenanya jiwa Hiyori sering keluar dari tubuhnya pada waktu acak.

Hiyori tidak ingin selamanya begitu, dan meminta pertolongan Yato agar tubuhnya dapat kembali seperti semula. Karena Yato ingin membalas kebaikan Hiyori, Yato pun menyetujuinya dan berniat menolong Tubuh Hiyori agar dapat kembali seperti semula.

Namun Yato tidak tau bagaimana cara untuk mengembalikan tubuh Hiyori seperti semula. Mereka pun memulai petualangan untuk mencari tau cara menyembuhkan tubuh Hiyori sekaligus melawan siluman jahat serta melakukan pekerjaan-pekerjaan, demi mendapatkan uang untuk mencapai cita-cita Yato.


Jalan Cerita:

Dengan pace yang cepat dari awal, kombinasi action scene bertema supernatural yang apik dengan adegan-adegan comedy yang segar membuatku jatuh cinta pada Noragami sejak episode pertama, dan kecintaanku pada Noragami semakin berkembang seiring dengan berjalannya cerita.

Awalnya aku berpikir Noragami akan berfokus pada unsur Phantom-hunting yang lebih mengutamakan action, tapi ternyata cerita justru lebih terfokus pada eksplorasi karakter dengan Phantom-hunting tersebut sebagai bumbu, tapi tetap menarik untuk disimak.

Hubungan para dewa dengan Regalia mereka menjadi salah satu spotlight dalam cerita, mirip dengan hubungan Shinigami dengan Zanpakutou mereka dalam Bleach.

Tapi Noragami berhasil mengembangkannya menjadi lebih kompleks dan menyentuh, bagaimana hubungan mereka bukan hanya sebatas hubungan kaku antara alat dan tuannya.

Akan tetapi bagaimana hubungan mereka bisa menjadi seperti hubungan antar teman atau saudara yang begitu dekat, bebas, saling memahami dan saling bergantung, tapi siap saling melindungi dengan taruhan nyawa.


Karakter:

Yato (夜ト) :

 Seorang dewa kecil yang tidak dikenal orang dan melakukan pekerjaan menolong orang sesuai permintaan sebagai “Delivery God” untuk mengumpulkan imbalan demi mewujudkan cita-cita membangun kuilnya sendiri.

Dari luar dia terlihat serampangan, narsis, konyol, dan cuek, tapi sebenarnya memiliki masa lalu yang kelam dan bisa jadi begitu dingin saat serius, meskipun sebenarnya berhati lembut.

Ketika Yukine, regalia barunya yang masih labil sering berbuat dosa, Yato terus berusaha memperingatkan Yukine dengan caranya, dia tetap mempercayai Yukine dan tidak meninggalkannya meskipun dia harus menahan penderitaan setiap kali Yukine berbuat dosa.

Dihidupkan dengan brilian oleh Hiroshi Kamiya, yang juga mengisi suara untuk Levi (Rivai) dalam Attack on Titan, serta Akashi Seijuurou dalam Kuroko no Basuke series.

Yukine (雪音) : 

Roh seorang remaja yang dijadikan Regalia baru oleh Yato, ketika berubah menjadi senjata, dia berwujud sebilah pedang bernama Sekki.

Anak yang sebenarnya polos, baik hati dan memiliki bakat besar sebagai Regalia, tapi usianya yang masih remaja membuat karakternya labil dan rentan dirusak oleh berbagai emosi negatif.

Pada dasarnya dia hanya seorang anak yang kesepian dan ingin memiliki teman selayaknya anak-anak seusianya, karena itu dia sangat menyayangi Hiyori yang bersedia menjadi temannya dan selalu menolongnya.

Disuarakan oleh Yuuki Kaji, yang juga telah mengisi suara untuk Eren Jaeger dalam Attack on Titan, serta Alibaba Saluja dalam Magi series.

Hiyori Iki (壱岐 ひより) :

Gadis SMA yang manis, baik hati, pemberani dan tegas ini menyelamatkan Yato saat dia hampir tertabrak truk, dan karena kejadian itu, dia menjadi Half-Phantom yang menyebabkan roh nya mudah terlepas dari tubuhnya sewaktu-waktu.

Dalam usahanya meminta Yato untuk mengembalikan tubuhnya seperti semula, perlahan dia malah jadi terlibat semakin dalam dengan dunia para dewa dan Phantom, tapi Hiyori sendiri justru jadi bersahabat dengan mereka, dan ingin terus berhubungan dengan mereka, khususnya dengan Yato.

Keberanian dan ketulusan Hiyori yang tanpa ragu menempuh bahaya demi Yato dan Yukine telah berkali-kali menyelamatkan mereka.

Disuarakan dengan manis oleh Maaya Uchida yang juga mengisi suara untuk Hajime Ichinose dalam Gatchaman Crowds dan Rikka Takanashi dalam Chūnibyō demo Koi ga Shitai! (Love, Chunibyo & Other Delusions!) series.


Art:

Secara overall, animasi dan artwork dalam Noragami disajikan oleh BONES dengan detail dan konsistensi yang sangat baik, and the special effect everytime a Phantom slayed was especially beautiful.


Musik:

Taku Iwasaki yang juga menangani musik untuk Gatchaman Crowds, Gurren Lagann series, dan Black Butler series mengiringi Noragami dengan berbagai BGM instrumental yang memberikan kesan misterius dan intense.

Tapi tetap manis di beberapa adegan, serta berhasil membangun efek mistis yang megah melalui BGM sejenis orkestra tradisional khususnya ketika ritual setiap kali Yato menjalankan pembasmian Phantom.


Nah sahabat Animers itulah review kami untuk anime Noragami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yah.

98%

Secara singkat anime menghadirkan cerita yang begitu memukau. Ditambah konflik didalamnya menjadikan anime ini sebagai salah satu anime terbaik.

  • Jalan Cerita
  • Karakter
  • Art
  • Musik
Comments