Review Anime: Hanasaku Iroha (Kisah Penginapan yang Bersejarah)

398

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai anime yang menjadi salah satu favorit saya yakni, Hanasaku Iroha.

Bagi kalian yang tidak tau, Hanasaku Iroha memiliki konflik cerita yang agak kompleks, tentu saja akan banyak hal yang hadir di anime ini. Semua hal mengenai anime ini akan kami ulas pada review ini.

Biar kalian tidak penasaran, yuk kita simak bersama-sama reviewnya.


Detail Anime:

Judul Anime

Judul Hanasaku Iroha
Jepang 花咲くいろは
Inggris Hanasaku Iroha ~Blossoms for Tomorrow~
Lainnya Hana-Saku Iroha

Detail

Tipe TV
Status Selesai Tayang
Musim Perdana Winter 2011
Tayang 03 Jan 2011 – 25 Sep 2011
Total Episode 26
Durasi 24 menit
Rating Remaja
Genre Comedy, Drama, Seinen, Slice of Life
Studio P.A.Works
Lisensi NIS America Inc
Produser Bandai Visual, Yomiuri Telecasting Corporation, Lantis, Pony Canyon, Showgate
Website
Skor 9

Sinopsis:

Mitsumae Ohana memiliki ibu yang tidak bertanggung jawab. Ketika kabur bersama pacarnya untuk menghindari penagih utang, dia mengirim Ohana sendirian ke Kota Yunosagi untuk tinggal dengan neneknya di sebuah penginapan yang disebut Kissuisou.

Namun, daripada reuni yang hangat, neneknya kemudian justru mempekerjakan Ohana sebagai seorang pelayan.

Dari Tokyo yang ramai ke Yunosagi di pegunungan, dari hari-hari yang lapang ke pekerjaan yang menyibukkan, kehidupan Ohana mendadak berputar 180 derajat.

Meskipun ia berusaha, tetap saja neneknya tak memperhatikan dirinya.

 


PV


Jalan Cerita:

Arah cerita anime ini bisa menjadi terlalu bervariasi, sehingga terkadang tidak jelas apa yang sebenarnya ingin dia sampaikan. Percobaan Takako mengganti pakaian pelayan dengan gaun Cina, atau masalah yang dialami Yuina ketika kunjungan wisata sekolah.

Meski bisa dimengerti sebagai cara untuk memperkenalkan para tokohnya, episode-episode ini hampir tidak punya nilai, hanya berupa side-story yang tidak punya fungsi dan pengaruh kecuali menunda-nunda cerita utamanya berjalan.

Dan hal ini, bagi sebagian penonton, dapat berarti menyia-nyiakan waktu atau mungkin uang.

Namun, secara keseluruan, anime ini tetap merupakan sebuah kisah yang komprehensif tentang kehidupan sehari-hari di Kissuisou, tentang tantangan yang dihadapinya, dan juga tentang orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Dan meski hal ini mungkin tetap terasa kurang menarik bagi sebagian penonton, masih ada cukup romantisme yang hangat dan komedi yang efektif untuk menjanjikan hiburan yang menyenangkan hingga episode terakhir.


Karakter:

Memang ada sedikit masalah pada bagaimana para tokohnya diperkenalkan melalui cerita yang tidak penting, tetapi secara individu, setiap karakter dipersiapkan dengan hati-hati, disampaikan dengan baik, dan dapat dipahami dengan mudah.

Masing-masing memiliki sifat, perilaku, dan impian sendiri yang jelas berbeda dari yang lain, dan saat berinteraksi, mereka saling mempengaruhi dalam cara yang alami.

Saya rasa karakter di anime ini mampu memberikan kesan yang hidup. Namun beberapa scene seperti diabaikan oleh sang tokoh. Walaupun demikian, penilaian saya terhadap anime ini mungkin akan sedikti bagus.


Art:

Mulai dari pemandangan Kota Yunosagi hingga animasi para tokohnya, visual anime ini terlihat indah di setiap detiknya. Perhatian terhadap hal-hal detil seperti karat di papan pengumuman dan perubahan bayangan serta warna oleh cahaya matahari menjadikan dunia anime ini tampak hidup.

Saya paham betul mengenai kualitas yang dijanjikan oleh P.A.Works. Mereka berhasil memberikan kesan visual yang indah banget. Score sih mungkin akan agak tinggi pada bagian visualnya.


Musik:

Berbicara mengenai musiknya, saya tak bisa berbicara banyak. Pasalnya mereka berhasil memberikan kesan yang luar biasa ketika mulai memutar OP dan ED-nya. Alur musik yang mereka perdengarkan akan terasa begitu lembut.


Nah sahabat Animers itulah review untuk anime Hanasaku Iroha. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

13.5

Anime ini tidak pandai dalam menjaga fokus ceritanya. Terdapat beberapa episode dengan cerita sampingan yang mungkin akan lebih baik bagi anime ini seandainya dihilangkan saja. Namun, jika anda bisa membuka pikiran anda dari menganggap anime ini hanya tentang orang-orang tertentu dan lebih tentang sebuah tempat bernama Kissuisou, maka ceritanya pun akan segera menjadi indah, lengkap, dan colourful. Lalu, dengan visual yang memuaskan serta karakter-karakter yang ditulis dengan baik

  • Jalan Cerita 9
  • Karakter 18
  • Art 9
  • Musik 18
Comments