Review Movie: Hotarubi no Mori e (Singkat Namun Membekas Dihati)

223

Animers – Selamat pagi semuanya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit review atau ulasan untuk movie yang bisa dibilang behasil menyuguhkan cerita yang luar biasa yakni, Hotarubi no Mori e.

Bagi kalian yang tidak tau, Hotarubi no Mori e merupakan movie singkat namun memiliki cerita kompleks. Tentu saja akan banyak plot serta konflik dari anime ini. Namun saya yakinkan bahwa anime ini akan melebihi ekspektasi kalian.

Biar kamu nggak penasaran yuk kita simak review berikut ini.


Detail Anime:

Judul Anime

Judul Hotarubi no Mori e
Jepang 蛍火の杜へ
Lainnya Into the Forest of Fireflies Light, The Light of a Firefly Forest

Detail

Tipe Movie
Status Selesai Tayang
Musim Perdana Summer 2011
Tayang 17 Sep 2011
Total Episode 1
Durasi 45 menit
Rating Remaja
Genre Drama, Romance, Shoujo, Supernatural
Studio Brain’s Base
Lisensi
Produser Aniplex
Website
Skor 9.2

Sinopsis:

Ketika berlibur ke desa kakeknya di suatu musim panas, Takegawa Hotaru tersesat di dalam hutan yang disebut sebagai tempat tinggal para siluman.

Dia akhirnya ditolong oleh seorang pemuda bertopeng bernama Gin, yang mengaku sebagai salah satu siluman dan bahwa dia akan segera menghilang apabila bersentuhan dengan manusia.


PV


Jalan Cerita:

Durasi yang singkat mungkin akan meninggalkan perasaan bahwa ada sesuatu yang kurang, tetapi sebenarnya cerita di anime ini sudah lengkap. Permulaan, akhir, latar belakang, dan bahkan klimaks sudah disajikan dengan baik.

Kadar romance-nya juga sudah sangat tepat, sehingga penambahan bumbu seperti apapun lagi kemungkinan besar akan menjadikannya seperti cerita opera sabun yang bertele-tele dan terlalu didramatisir.

Pada kenyataannya, anime ini merupakan sebuah cerita pendek, maka daripada memaksakannya panjang, kemampuan anime ini untuk menyadari keterbatasannya sendiri justru menjadi kelebihannya.


Karakter:

Ceritanya adalah tentang sepasang gadis dan pemuda yang saling jatuh cinta, dan anime ini menjaganya tetap sederhana seperti itu. Tidak ada karater tambahan yang tidak perlu, dan dua tokoh utamanya juga dikembangkan hanya secukupnya.

Memang, sebagian orang mungkin akan merasa bahwa karakter Gin masih bisa dijelaskan lebih jauh, tetapi sisi misterius adalah apa yang sejak awal membuat karakter tersebut menarik.

Bahkan telah menjadi bagian dari jati dirinya, maka mempertahankan sedikit misteri itu menjaganya tetap utuh, sedangkan mengungkapkan lebih jauh tentang detil-detil yang tidak penting beresiko hanya akan mengacaukan pondasi karakter itu.

Mengatakan bahwa perubahan pada karakter itu akan mengacaukan pondasi sangatlah benar. Jika mereka tiba-tiba merubah akhir dari cerita tentu saja itu akan berdampak ke Heroine di masa mendatang.

Untuk itu, karakter yang ada di anime ini sudah di berikan cerita yang lengkap dan berhasil di eksekusi dengan sangat baik. Walaupun demikian, mereka sebenarnya bisa memberikan sedikit sentuhan akhir dari para karakternya.


Art:

Gambar latarnya tampak indah dan mendetil, sangat mendukung nuansa romantis di dalam ceritanya

Terlihat beberapa detail berhasil di gambarkan dengan begitu baik banget. Jika dilihat secara keseluruhan sih anime ini memberikan kualitas ar yang luar biasa meskipun anime ini rilis tahun 2011.

Efek dari gambarnya juga bisa dikatakan berhasil ditempatkan paa timing yang sempurna. Tentu saja hal itu menjadi nilai tambah dari anime ini. Walaupun demikian, saya sedikit mengoreksi beberapa hal.

Pada bagian art di hutan, mungkin mereka bisa memfokuskan gambar dengan memberikan sedikit sentuhan keadaan huta yang sesungguhnya. Tapi itu mungkin tak masalah bagi saya sendiri.


Musik:

Kekurangan dari anime Movie ini adalah musiknya. Anime Movie ini hanya menggunakan Ending dan tidak menggunakan Opening, jadi langsung menuju kepada topik cerita, hal itu yang membuat saya merasa ada sesuatu yang kurang dari Movie ini sendiri.

Walaupun demikian, anime ini tetap menyuguhkan musik yang power full.


Nah sahabat Animers itulah review untuk movie Hotarubi no Mori e. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

9

Anime ini adalah sebuah cerita pendek yang selesai, bukan hanya sebagai kepingan dari suatu cerita yang lebih besar layaknya yang biasa terjadi pada film berdurasi singkat seperti ini, dan karena disusun dengan sempurna, anda akan tetap merasa puas menikmatinya seperti menyaksikan film yang berdurasi lebih panjang. Dengan jalan cerita dan karaterisasi yang dipersiapkan dengan baik, anime ini memenuhi cukup kriteria untuk menjadi tontonan yang bagus.

  • Jalan Cerita 9
  • Karakter 9
  • Art 9
  • Musik 9
Comments