Review Anime: Another (Plot Twist yang Tak Terduga Sama Sekali)

196

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review terhadap anime yang bisa dibilang cukup populer yakni, Another.

Bagi kamu yang tidak tau, Another merupakan seri yang memiliki plot twist mengejutkan. Kalian bisa langsung menonton seri tersebut setelah membaca review kali ini.

Jadi jika kalian punya saran atau pendapat yuk komen dibawah. Tanpa basa-basi yuk kita mulai review kali ini.


Detail Anime:

Judul : Another
Tanggal Rilis : 10 Januari 2012
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Mystery, Horror, Supernatural, Thriller, School
Sumber Cerita : Novel
Studio : P.A. Works


Sinopsis:

26 tahun yang lalu, seorang murid dari kelas 3-3 di SMP Yomiyama-Kita bernama Misaki meninggal dunia.

Namun baik wali kelas maupun teman-temannya terus bersikap seolah-olah dia masih ada bersama mereka, dan pada saat mengambil foto kelulusan, Misaki benar-benar terlihat di antara mereka.

Ditinggal sendirian oleh ayahnya yang pergi ke luar negeri, Sakakibara Kouichi harus menghabiskan tahun terakhir SMP-nya dengan pindah ke Yomiyama-Kita.

Dia dimasukkan di kelas 3-3, di mana dia kemudian bertemu dengan seorang gadis bernama Misaki Mei, tetapi anehnya, selain Kouichi seorang, tidak ada lagi murid lain yang tampaknya menyadari keberadaan gadis tersebut.


PV


Jalan Cerita:

Bermula ketika Sakakibara Koichi pindah dari Tokyo ke Yomiyama dan sekolah di Yomiyama North Middle School. Sakakibara ditinggal oleh ayahnya yang bekerja di luar negeri, jadi dia harus tinggal bersama kakek dan neneknya.

Di rumah kakeknya itu, ada pula bibi Sakakibara yang bernama Reiko. Kebetulan Reiko adalah seorang guru di sekolahnya Sakakibara.

Di hari pertama sekolah, Sakakibara sakit dan dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu. Dia pun dijenguk oleh tiga teman sekelasnya, Izumi Akazawa, Tomohiko Kazami, serta Yukari Sakuragi.

Sebenarnya ketiga murid ini mengantisipasi kecerobohan yang bisa dilakukan Sakakibara, mengingat Sakakibara tidak terlalu mengerti mengenai kasus kelas terkutuk di sekolah.

Saat beranjak sembuh dan mulai sekolah, Sakakibara merasakan ada hal aneh di kelas 9-3 ini. Dia jelas-jelas merasakan keberadaan seorang murid bernama Misaki Mei dengan jelas.

Tapi seisi kelas tidak pernah menganggapnya bahkan bertingkah seolah-olah murid bernama Misaki Mei itu memang tidak ada.

Semua teman sekelasnya berusaha untuk menghindarkan Sakaki dari Mei. Sakaki yang dipenuhi tanda tanya lama-kelamaan mengerti apa yang sebenarnya terjadi.

Kenyataannya adalah 26 tahun lalu, ada kejadian misterius yang menimpa kelas 9-3. Kejadian itu bermulai sejak angkatan Misaki lulus.

Kala itu ada kejadian di mana setiap murid yang berada di kelas 9-3 akan meninggal satu per satu, kadang kematian tidak terjadi pada muridnya tapi bisa menimpa keluarganya. Sejak saat itu fenomena ini terus terjadi layaknya siklus yang berulang.

Konon pernah ada angkatan yang bisa menghindari kutukan tersebut. Berdasarkan rumor yang beredar saat itu ada satu orang murid tambahan di kelas 9-3.

Siswa tambahan tersebut sebenarnya merupakan sosok orang yang sudah mati namun sulit dibedakan oleh semua orang. Murid tambahan itu terlihat seperti murid biasa dan bisa memanipulasi ingatan orang-orang di sekolah.

Untuk menghindari kutukan itu, mereka harus mengabaikan satu orang murid. Dengan kata lain seisi kelas berpura-pura seolah satu orang murid itu tidak pernah ada.

Kebetulan di angkatan Sakakibara ini, ada juga satu orang murid perempuan yang juga dianggap tidak pernah ada oleh murid-murid lain di kelas.

Anehnya, meskipun sudah menghilangkan seorang murid tapi kutukan itu tidak berhenti dan terus menimpa mereka. Kematian demi kematian terus terjadi.


Karakter:

Keaktifan dari karakter di anime ini begitu terlihat. Secara individu, karakter – karakter anime ini tidak memiliki ciri khas yang terlalu menonjol, tetapi hal ini justru hanya membuat mereka mudah dipahami, memperkuat elemen realisme di dalam anime ini

Dan secara khusus, karena diberikan sejarah mendetil yang kemudian berperan signifikan pada misterinya. Karakter – karakter utama seperti Kouichi dan Mei dipersiapkan dengan sangat baik.


Art:

Dari segi gambar anime ini menghadirkan kualitas grafis yang memukau. Ditambah pegerakan dari karakternya yang begitu halus dan tak terlihat kaku sama sekali loh.


Musik:

Opening: Kyoumu Densen oleh ALI PROJECT dan Ending: anamnesis oleh Annabel. secara garis besar anime ini menghadirkan suasana mencekam ditambah dengan backround yang begitu pas pada lagunya.


Nah sahabat Animers itulah review untuk anime Another. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

13.5

Cerita yang penuh konflik dan misteri serta plot twist menjadikan anime ini seabgai salah satu yang terbaik di kelasnya.

  • Jalan Cerita 9
  • Karakter 18
  • Art 18
  • Musik 9
Comments