7 Ide Passive Income Yang Bisa Kamu Coba Untuk Jadi Kaya 2021

73.986

Penghasilan pasif atau passive income adalah pendapatan atau penghasilan yang kita dapatkan tanpa kita harus bekerja secara langsung, sesuai namanya pasif, bukan pekerjaan aktif.

Tapi untuk mendapatkan passive income, itu membutuhkan banyak modal atau kerja keras di awal, karena kita perlu membangunnya dulu hingga besar dan barulah menghasilkan, yah, ada juga yang mana hanya perlu modal dan gak perlu usaha sama sekali sih, jadi itu tergantung jenis passive income yang dipilih.

Berikut ini merupakan7 Ide Passive Income Yang Bisa Kamu Coba Untuk Jadi Kaya 2021 ini.

 

 

Passive Income yang Membutuhkan Modal Uang Besar Tapi Effort Minimum

Ini cocok bagi kalian yang ingin mendapatkan passive income hanya perlu modal, walau terbilang besar, tapi dengan usaha yang sedikit dari kalian sendiri.

1. Investasi Deviden Saham

Yang pertama adalah berinvestasi pada bursa saham, bisa dalam dan luar negeri, tapi saya sarankan lebih baik bursa dalam negeri yaitu pada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Singkatnya kalian perlu mengeluarkan modal yang besar di awal berinvestasi membeli saham tertentu yang rutin membagikan deviden, saham pada umumnya itu membagikan deviden setiap 1 tahun sekali, yang mana diambil dari keuntungan emiten/perusahaan tersebut dan dibagikan kepada kalian tergantung banyaknya lembar saham yang kalian miliki.

Misalnya harga saham sebuah emiten adalah Rp 1.000 rupiah per lembar, lalu kalian menginvestasikan 100 juta rupiah membeli saham tersebut. Maka kalian akan mendapatkan 100.000 lembar saham saat membeli saham tersebut dengan uang 100 juta.

Nah, sekarang kalian punya 100k lembar saham, katakanlah saham tersebut membagikan deviden 100 rupiah per lembar saham. Maka tiap tahun kalian akan mendapatkan passive income Rp. 10.000.000 Rupiah.

Dan lagi itu diluar harga saham, jika ternyata harga saham tersebut meningkat 200 rupiah menjadi 1.200 per lembar pada tahun berikutnya, maka nilai investasi kalian juga akan ikut meningkat menjadi Rp. 120 juta rupiah dari yang awalnya 100 juta tadi.

Cukup menjanjikan bukan? Jika kalian ingin memulai investasi saham kalian bisa mendaftar ke beberapa sekuritas yang tersedia. Bahkan saat ini investasi saham sudah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Android.

2. Investasi Reksadana

Investasi Reksadana juga ada yang mirip dengan investasi saham, tapi bisa dipecah 3 bagian yang mana pasar uang, obligasi, dan reksadana Saham.

Dengan berinvestasi di reksadana nilai asset investasi kalian akan meningkat, tapi tidak dalam waktu singkat melainkan butuh waktu cukup lama. Dan persentase incomenya tahunannya sekitar +-5 persen di pasar uang, +-10% di obligasi, dan tidak menentu untuk reksadana saham (tergantung kondisi bursa).

3. Bisnis Kos-kosan dan Rumah Kontrakan

Ini adalah bisnis yang nyata, dan tentunya membutuhkan modal yang sangat besar. Terutama untuk beli lahan dan membangun rumahnya. Dan juga membutuhkan lokasi strategis yang tidak jauh dari perkotaan.

Bisnis kos-kosan dan rumah kontrakan adalah peluang passive income yang sangat menguntungkan. Itu bisa bertahan seumur hidup, dan sangat bermanfaat, bahkan sampai ke generasi anak-anak dan bahkan cucu-cucu kalian.

Saya rasa tanpa perlu dijelaskan pun kalian akan mengerti kan?

4. Rental Mobil

Ini adalah salah satu passive income yang cukup menguntungkan, kalian hanya perlu membeli mobil, dan menyewakannya ke orang lain, atau bisa juga menitipkannya ke tempat rental mobil tergantung kesepakatan dengan pemilik usaha rental.

Tapi ya kalian baru akan dapat penghasilan jika ada orang yang merental mobil kalian, dan punya beberapa resiko juga seperti mobil yang direntalkan mengalami kecelakaan, dll.

 

 

Passive Income yang Membutuhkan Modal Uang kecil Tapi Effort Maksimum

Dan beberapa passive income di bawah ini cocok buat kalian yang punya sedikit modal, tapi bisa jadi passive income yang menguntungkan, walau butuh usaha yang panjang agar menjadi passive income yang bahkan bisa menghasilkan uang, karena beneran from Zero.

5. Menjadi Blogger

Membuat blog atau profesi yang disebut blogger bisa dimulai dengan sedikit modal atau bahkan tanpa modal sama sekali, ya tentunya jika biaya internet tidak dihitung.

Kalian bisa memulai blog tentang apa saja. Tergantung topik yang kalian suka. Bisa jadi blog tutorial, Blog teknologi, blog pembahasan anime, review film, dan macam-macam lainnya. Atau kalau mau memulai sebagai pemula kalian bisa membuat blog gado-gado yang isinya campuran.

Blog ini nantinya akan diisi artikel, seperti disini. Lalu setelah mencapai cukup banyak pengunjung harian, kalian bisa mendaftarkannya ke Google Adsense.

Jika pengajuan diterima, kalian bisa mulai memasang iklan di blog kalian, dan itu akan menjadi penghasilan kalian.

Tentunya ini butuh usaha yang ekstra, untuk membangun blog dari 0 hingga bertrafik rame. Tapi tentunya setelah pengunjung blog kalian cukup ramai per harinya, kalian bisa dengan tenang mendapatkan penghasilan bulanan.

Dan selanjutnya adalah auto pilot, tapi kalian tetap perlu menambah artikel baru beberapa kali setiap bulan.

Untuk membangun blog hingga menghasilkan dan berpengunjung ramai itu membutuhkan 6 bulan hingga beberapa tahun.

6. Menjadi Youtuber

Saya tahu kalian sudah mengetahui profesi ini, Youtuber. Seseorang yang membuat konten video di youtube, lalu dimonetisasi untuk menghasilkan uang.

Tentunya membangun channel youtube dari 0 hingga monetisasi dan mendapatkan view yang ramai, itu juga butuh effort yang besar.

Bahkan bisa sampai bertahun-tahun, tapi ketika kalian berhasil, hasilnya itu sangat manis dan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan utama.

7. Menjual Stok Foto

Ini cocok buat kalian yang hobi fotografi, saat ini ada banyak website yang menerima stok foto seperti Shutterstock, iStockphoto, dan lain-lain.

Tapi emang butuh effort dan keahlian untuk menghasilkan foto yang bagus agar bisa bernilai jual tinggi.

Jadi memang butuh kemampuan khusus untuk melakukan ini.

Nah, jadi itu tadi dia beberapa peluang dan ide passive income yang bisa kalian coba untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Silahkan di coba tergantung kecocokan kalian yang mana, dan sesuaikan dengan budget juga.

Comments